18 Jan 2014

Air Mata dan Manfaat dibaliknya



Assalamu’alaykum. Apa Kabar readers? Kali ini saya akan mengulas sedikit hal tentang air mata dan juga beberapa manfaatnya. Oke! Lanjoot.

Berapa kali kah kalian menangis dalam satu tahun? Tentu pertanyaan semaca itu akan sulit untuk dijawab. Apalagi untuk para wanita yang pada umumnya memang lebih sering menangis dibandingkan pria. Meskipun pada hakekatnya wanita merupakan makhluk yang begitu lembut dan juga mudah tersentuh, namun hal semacam tadi juga memang disebabkan oleh saluran air mata pria yang memang lebih kecil dibandingkan dengan saluran air mata wanita.


Air mata itu sendiri merupakan kelenjar yang diproduksi oleh proses Lakrimasi dan memiliki fungsi untuk membersihkan dan juga melumasi mata. Banyak orang yang beranggapan bahwa menangis adalah suatu tindakan remeh dan juga lemah. Namun, tahukah kalian? Menangis memiliki beberapa manfaat yang tanpa kalian sadari mampu membantu sistem tubuh kalian. 

Dan berikut ini adalah 5 Fakta mengenai air mata;
1.      Mencerahkan Penglihatan
Cairan yang terdapat pada air mata mampu mencegah dehidrasi yang terjadi pada membrane mata yang dapat membuat penglihatan menjadi kabur.

2.      Membunuh Bakteri
Kalian suka on PC? Main PS? Atau bersepeda seperti saya? Tangan kalian pasti sudah banyak tercemar oleh kuman dan bakteri. Tapi, mengucek matapun kita menggunakan tangan yang sudah kotor ini. Tak perlu khawatir. Di dalam air mata terdapat kandungan yang bernama Lisozom yang mampu membasmi bakteri 90%-95%.

3.      Menaikan Mood (Mood Boster)
Saat kita menangis karena emosi (crying weeping), air mata yang dihasilkan mengandung 24% kandungan albumin yang berguna meregulasi system metabolisme tubuh. Air mata yang dihasilkan akibat peningkatan emosi ini lebih baik daripada air mata akibat iritasi. 

4.      Mengurangi Stress
Saat menangis, air mata mengeluarkan kandungan-kandungan stress. Kandungan tersebut adalah endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Ketika air mata mampu mengurangi stress, hal ini juga berartian bahwa air mata mampu menekan angka kemungkinan seseorang terkena Hipertensi (Darah Tinggi). 

5.      Mengeluarkan Racun
Sebuah study mengungkapkan bahwa, lagi-lagi air mata yang dikeluarkan pada saat emosi meningkat mengandung racun dan tentu sangat berguna bagi system tubuh, karena racun yang berada dalam tubuh terbawa keluar bersamaan dengan air mata (subhanallah).


Nah! Mulai saat ini jangan ragu untuk menangis. Tepis saja semua anggapan yang mengatakan bahwa menangis adalah suatu tindakan remeh. Ternyata tindakan remeh lebih bermanfaat ya hoho.

Sekian. Terimakasih readers. Semoga bermanfaat. Aamiin.
Wassalamu’alaykum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar