21 Feb 2014

Musik Indie


Kalian tau Ungu? NOAH? atau Vagetoz? pasti mayoritas dari kalian tau dengan ketiga band yang disebutkan tadi. Tapi, tahukah kalian The S.I.G.I.T? atau SORE? mereka itu band lhoo. Mungkin nggak banyak dari kalian yang tau dengan keberadaan band-band tersebut. Mereka termasuk ke dalam kategori Band Indie. Nah, kali ini saya akan membahas sedikit tentang Musik Indie, khususnya di Indonesia.


'Indie' berasal dari kata Independent yang berarti merdeka, berdiri sendiri, dan tidak bergantung. Maksud tidak bergantung disini adalah, mereka tidak berada di bawah naungan sebuah label musik tertentu. Mereka merekam dan memasarkan lagu-lagunya secara mandiri. Jadi, secara garis besar, mereka berusaha sendiri untuk memasarkan karya-karya mereka. Di Indonesia sendiri, Musik Indie mulai berkembang semenjak tahun 1970-an.

Hal yang paling mencirikan band-band Indie adalah genre musik mereka yang anti mainstream atau berbeda dengan genre yang ramai di pasaran. Dalam musik Indie, kepuasan seorang musisi dalam bermusik lebih diutamakan dibandingkan dengan mengejar pasar musik di Indonesia. Mereka bebas berkarya sesuka hati mereka dan sebebas mereka. Pemasaran musik mereka mayoritas melalui antar kawan, atau sekolah-sekolah di Indonesia. Namun tak jarang, Band Indie Indonesia justru lebih terkenal di mancanegara.

Dari sekian banyak band Indie di Indonesia, berikut ini adalah ketiga band Indie yang paling saya suka.


1. The White Shoes and The Couple Company


White Shoes & The Couples Company adalah sebuah band beraliran pop/funk/jazz dari Jakarta. Saat ini band tersebut terikat kontrak dengan independent label dari Jakarta, Aksara Records dan label independen dari Chicago, Minty Fresh.


Dibentuk di Jakarta ada tahun 2002, band ini mengusung tema 70-an. Untuk para pecinta Retro, musik dari band ini cocok banget untuk kalian. Lagunya yang paling saya suka sih 'Kisah Dari Selatan Jakarta' dan 'Roman Ketiga'.


2. Endah n Resha

Endah N Rhesa merupakan duo musisi Indonesia yang beranggotakan Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bass). Mereka berdua adalah pasangan suami istri. Endah N Rhesa telah merilis empat album.
Mereka telah mendapat beberapa penghargaan dalam ajang-ajang musik. Antara lain,  Anugerah Musik Indonesia kategori Produksi Album Alternatif Terbaik “Nowhere To Go”.




3. MOCCA

Band asal kota kembang, Bandung ini dibentuk pada tahun 1999. band yang beranggotakan Riko Prayitno (Gitar), Arina Ephipania (Vokal dan Flute), Achmad Pratama (Bass), dan Indra Massad (Drum) ini mengusung aliran indie pop, folk, jazz, swing, bossa nova.

Beberapa lagu mereka, 'Secret Admirer dan 'Me and My Boyfriend dapat membuat perusahaan rekaman asal Jepang, Excellent Records memasukkan nama mereka ke dalam album kompilasi Pop Renaisance. Pada tahun 2004 akhirnya Mocca dapat menggelar penampilannya di Okinawa, Jepang.






Nah, itu dia beberapa hal tentang musik Indie khususnya di Indonesia. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian semua. Dan untuk akhir, ini dia MV dari White Shoes and The Couple Company - "Roman Ketiga".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar