29 Des 2013

Tentangmu Sahabat

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh


Hai readers! Apa kabar? Semoga kalian selalu dalam keadaan baik ya aamiin. Barakallahufik!. Oh iya, pada entriku kali ini, aku mau ngebahas satu hal yang nggak bisa lepas dalam hidupku. Dan mungkin dalam hidup kalian juga. Dan hal itu adalah… yap! sahabat-sahabatku. Kali ini aku mau ngebahas tentang 9 orang terdekatku, dan pendapat mereka tentang “sahabat” itu sendiri. Okeh! Tapi sebelumnya, kita bahas dulu ya apa itu ‘Sahabat’.





Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia atau biasa dibilang KBBI, Sahabat adalah suatu kata yang berarti kawan, teman, atau handai. Sedangkan dalam Wikipedia, Persahabatan atau Pertemanan adalah  istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme (mementingkan orang lain).

“Ketika kamu berhasil teman-temanmu akhirnya tahu siapa kamu. Ketika kamu gagal, kamu akhirnya tahu siapa teman-temanmu.” - Aristoteles

Pernyataan seorang filosof di atas emang bener banget! Ya nggak brow?. Coba kalian buktikan sendiri. Sebenarnya, sosok seorang sahabat kadang sulit untuk terlihat, bahkan diri kita seakan buta untuk menyadari akan kehadiran seseorang yang sudah Allah takdirkan untuk slalu menemani kita. Nggak percaya? Buktiin sendiri dah gan.

                Okey! Sesuai perkataan ane sebelumnya. Ane mau ngenalin kalian nih sama ke-9 orang terdekat ane. Mereka adalah alasan dari sejuta canda tawa dan juga air mata yang mengalir di pipi. *adduh terhura* #ahsudahlah wkwk. Okeh kita mulai yak!

Nih, yang pertama. Namanya Noviana Adelita Rahawan. Dia ini kelahiran 6 November 1998 *tua yak* *piss nop._.* wkwkwk. Cewe sanguine ini hobinya nulis karya-karya sastra, keren dah *tssah*. Dia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Cewek yang biasa dipanggil “pinop” ini anaknya supel, ramah, rajin dan agak sedikit tomboy. Paling greget kalo udah curhat wkwkwk. Menurut wanita satu ini sahabat adalah;
                “Sahabat itu seperti air, dia tidak pernah mengalir sendirian. Selalu bersama-sama. Jika air itu menghadapi batu yang besar mereka bersama-sama menghalaunya, hingga akhirnya batu itu menjadi hancur. Kalau kita ditanya, sebenernya untuk apa sih kita punya sahabat? Menurut gue itu salah satu dari pertanyaan yang cukup sulit untuk di jawab. Sahabat itu hamper sama dengan cinta. Mereka selalu datang di waktu yang tepat.”
Beeeh, dalem ya soob wkwk. Tapi ini belum apa-apa. Kita lanjut ke sobat ane yang berikutnya ya.



 

Jeng-jeng!! Ini dia sobatku yang kedua. Dialah Suro Ari Shandy. Sang cowok embul yang jago main musik. Pria yang akrab dipanggil “uwo” ini, adalah pria yang periang, santai, gokil, koplak, parah(?), dan baiknya super duper. Calon musisi satu ini (aamiin) punya band yang namanya “BandChonk”. Meskipun cowok, dia ini salah satu sahabat ane yang paling asik diajak curhat. Nggak percaya? Coba aja sendiri. Nah, menurut dia sahabat adalah:
“Yaa sahabat itu lebih dari teman. Fungsinya? Yaa buat bertukar pikiran lah. Asal jangan sahabat-sahabatan, tuker pikiran saat butuh aja.”



                
Kenapa? Cantik ya dia? Hahaha. Cewe narsis satu ini namanya Diah Eka Rahmawati. Dan biasa dipanggil “Joko”, eitts itu bukan nama orang tuanya ya. Cewe periang ini paling pakar soal K-Pop diantara sahabat-sahabatku lainnya. Si Sanguin satu ini punya sifat yang bener-bener gokil. Dia gampang banget bikin suasana jadi hidup, tapi dia juga bisa diajak serius kalo suasana emang bener-bener serius. *assek dah*
Menurut dia, sahabat itu simple, “Kaya udara”. Hmmm dia nggak ngejelasin kenapa dia bilang sahabat itu seperti udara. Tapi, menurut pengamatan diri sendiri, kenapa Diah bilang sahabat itu kaya udara?. Mungkin, karena dalam hidup kita nggak bisa lepas dari satu hal berarti, yaitu “udara”. *soktau bat gua wkwk*. Sependapat kah kalian denganku?


Nah! Siapa yang kenal dia?? Aku aku aku, hahaha. Cowok yang satu ini namanya Tandi Surya Pamungkas. Dia ini idola adek kelas loh-_- wkwk. Kenapa? Karena kata mereka, Tandi itu mirip sama Alvaro Maldina, ituloh personil Coboy jr.  Mood Booster ane ini ini punya sifat yang paling beda sama ke-8 sobat ane yang lainnya. Dia ini paling bisa nyembunyiin masalah. Anaknya ‘kadang’ kalem, dan suka dunia otomotif. Paling anti sama kamera, sumpah itu dia banget-_- wkwk.
Untuk pendapatnya tentang sahabat, dia cuma bisa bilang… “Sahabat itu gabisa diungkapkan lewat kata-kata. Hanya bisa dirasakan.” Adduuh nggak ngeri-ngeri. Keren nggak?? Kata ane sih itu ngena! Wkwk.



 Cantik ya? Yaiyalah! Haha. Ada yang kenal dia? Hmmm, yang belum kenal aku kenalin ya. Anak Paskib yang satu ini namanya Citra Kania Dewi. Wanita yang jago gambar ini terkenal smart, cantik, kalem, dan pokoknya cewek banget dah. Tapi kalo kalian udah deket sama dia, kalian nggak akan nyesel untuk berbagi cerita sama dia. Cewe tinggi ini salah satu sobat ane yang paling pengertian. Dia itu selalu memikirkan keadaan dan perasaan orang lain ketika hendak melakukan sesuatu. *Keren yaa* :3. Dia ini rajin dan jago dalam bidang akademik. Pintar banget bagi waktu. *dicontoh tuh gan*




Kenal dia nggak? Bohong kalo nggak kenal. Minimal kalian pasti tau siapa dia. Yap! cowo kelahiran 16 Juli 1999 ini namanya Nivo Achmadi Hassanal Helmy. Cowok Madura satu ini jago main musik loo. Dia juga salah satu personil “BandChonk”. Cowok yang punya darah keturunan arab ini punya sifat yang baik bangetz *pake Z tuh* wkwk. Ane paling sering tuker pikiran samadia.

Menurut dia.. “Fungsi sahabat itu mampu membuat hal yang sederhana menjadi sesuatu yang membuatmu bahagia. Sebagai pendorong, sebagai pemberi keakraban dan perhatian.” Asik dah! Keren ya kata-katanya.



Ini dia selanjutnya! Jreengg! Suci Kurniawati. Sang penjahit muda yang jago dalam baris-berbaris. Hohoho. Aku kenalin ya. Cewek cantik yang satu ini salah satu personil dari ESAC94. Dia paling nggak bisa makan-makanan pedes. Orangnya gokil, baik, dan paling heboh kalo udah disuruh dangdutan wkwk.
Nah, menurut Uci.. “Sahabat itu orang yang selalu ada saat senang maupun sedih. Kalau kita minjem apapun dikasih aja. Mau denger cerita apapun yang kita ceritain, dan nggak pernah marah. Fungsinya, sahabat bisa jadi temen curhat. Bisa mecahin masalah bareng-bareng, dll. Banyak dah” Hohoho. Ambil nilai positif dari perkataannya ya! *itu semua positif botjah wkwk*




Kenapa? Jangan diliatin terus, entar naksir lagi. Hahaha. Kenalkah kalian dengannya?? Kalo yang belum kenal, aku kenalin ya. Namanya Muhammad Adjie Prakoso, dan biasa dipanggil “Djie”. Keeper Warrior FC satu ini punya hobi yang unik dah. Apa hobinya? Ya itu, ngedit foto orang-_- hahaha. Orangnya ceria, dan paling nggak bisa diem di kelas. Dia ini sobat ane yang paling bisa ngubah mood ane. Selalu punya banyak bahasan yang bisa bikin perut ane sakit gara-gara ketawa. Hahaha
Kata Djie, “Sahabat adalah teman yang paling dekat dengan kita. Fungsinya adalah, untuk membantu kita jika sedang susah, dan sebaliknya. Untuk curhat juga bisa.” Tssaaah. Itu dia Adjie. Sang keeper dengan sejuta imajinasi wahahaha.



Hoi kalian! Ini dia yang terakhir. Sobat ane yang paling getol kalo soal dagang. Yak! Tukang Jersey ini namanya Abdussalam Ridho. Menurut ane dia ini termasuk tipe cowok yang bertanggung jawab *asek dah* wkwk. Kalo punya keinginan dia pasti sungguh-sungguh untuk dapetinnya. Termasuk ngejar si doi, eh wkwk. Cowok berbadan sedikit gempal ini punya sifat yang periang, gokil, asik dan paling nyambung kalo udah ngomongin cewek(?).

Nah, menurut Ridho.. “Sahabat adalah teman yang selalu ada saat suka maupun duka. Dan sahabat pastinya orang yang bisa kita percaya untuk menjaga rahasia kita. Fungsinya, kita bisa curhat ke mereka. Kadang-kadang mereka bisa memberi solusi atau memberi support ke kita. Jadi sahabat itu udah kaya sahabat sendiri.” Mantep dah om!.


Nah. Itu dia ke-9 orang terdekat yang selalu ada buat ane. Sahabat emang bukan segalanya, tapi hidup tanpa sahabat takkan pernah berjalan seindah yang kita rasakan saat ini. Berterimakasihlah kalian kepada Allah SWT, kalian telah diberikan orang-orang yang benar-benar mau mengerti kita, dan sepenuhnya menerima kita apa adanya.

Segitu aja ya Gan! Semoga banyak manfaat yang dapat kalian ambil dari entri ane kali ini. Sifat-sifat mereka kadang bisa dijadikan sebagai cerminan dan bahan muhasabah buat ane. Karena bagaimanapun juga, manusia nggak ada yang sempurna. Ya nggak?. Okeh, see ya! Untuk penutup ane cuma mau bilang,
“Banyak-banyak bersyukurlah kalian kepada Allah SWT. Allah telah memberikan kalian orang-orang yang mampu menggenggam tangan kalian di tengah kerasnya kehidupan, dan selalu memeluk kalian dalam dinginnya dunia.”

Cheerio!
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar